Thursday, February 7, 2013

SWEATER ASLI IXG



Assalamualaikum Wr.Wb.

Yeah... setelah futa-foto, udat-edit sana sini di Photoshop selama kurang lebih 3 jam, akhirnya semua komponen gambar yang akan saya upload di artikel kali ini selesai sudah :D.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi info tentang Sweater asli IXG. Kenapa asli IXG? itu karena sweater ini memang asli dari IXG, mulai dari desain, pemilihan warna, ukuran sweaternya, dan yang mengadakan pembuatan sweater ini pula siswa kelas IXG :D.

Berawal dari pemikiran para siswa IXG tentang kenangan apa yang akan dibuat untuk kelas IXG ini? jadi nanti setelah berpisah menuju sekolah yang lebih tinggi ada sebuah kenangan yang tidak akan bisa dilupakan di kelas IXG ini. Dan pada akhirnya keputusan para siswa sebagai suatu kenangan adalah membuat pakaian, lebih tepatnya sebuah sweater asli/khas IXG.

Setelah selesai menentukan apa yang akan dibuat sebagai sebuah kenganan di IXG, sekarang siapa siswa yang akan bertanggung jawab atau yang mengadakan pembuatan sweater ini? dan jawabannya adalah teman baik kami dikelas yaitu Patrun. Dengan dia sebagai penanggung jawab pembuatan sweater ini, kami rasa sangatlah nyaman. Karena dia seorang anak yang baik dan pintar serta bertanggung jawab.

Kemudian dengan hanya Rp.1000 maupun Rp.2000/per hari, proses pembuatan sweater-pun mulai ber-operasi/berjalan. Uang tersebut setiap harinya diserahkan kepada penanggung jawab (Patrun), dan setelah pulang sekolah uang itu-pun langsung disetorkan kepada orang yang membuatkan sweater asli IXG itu. Kemudian untuk harga sweater + sablon graffiti bahan karet ini, setiap siswa harus mengumpulkan uang sebesar Rp.125000. Dan apabila sudah lunas dan barang sudah jadi, maka sweater-pun akan dibagikan kepada anak yang sudah lunas membayar tagihan sweater itu.

Tetapi masih ada 1 masalah, warna apa yang akan diterapkan pada sweater asli IXG itu? dan siapa desainer yang akan membuat graffitinya? Dan seketika sebagian siswa (khususnya para lelaki) menunjuk saya sebagai desainernya. Karena dikelas kami (menurut penilaian beberapa siswa) hanya ada 2 orang yang bisa dan ahli membuat graffiti, yaitu saya (M.Raihan.R.A) dan teman saya yaitu Hary Agisna.

Setelah saya ditunjuk sebagai desainernya, saya-pun mulai sibuk menentukan warna apa yang akan diterapkan? dan model graffiti apa yang akan dibuat?  Em... karena mungkin ini bagi saya pekerjaan yang agak susah, saya-pun membuat 3 langkah yang harus saya lakukan untuk menjadikan sweater kelas IXG ini bagus dan menarik. Langkah-langkah yang saya ambil, yaitu sebagai berikut:

1. Menentukan warna yang cocok untuk sweater
2. Membuat graffiti dan text untuk sablon-nan sweater
3. Menerapkan graffiti dan text tersebut kedalam sweater   

Dan untuk langkah pertama-nya saya coba biru untuk warna pada sweaternya. Tetapi beberapa siswa tidak sependapat dengan saya karena warna biru sudah tidak asing lagi untuk sweater. Em... kemudian saya coba hitam untuk warna sweaterya. Dan ternyata yeah... :D sebagian siswa setuju dengan warna yang kupilih itu. Kemudian kami sepakat warna yang akan dipakai adalah warna hitam. (Anda dapat melihat gambar warna yang kami gunakan pada sweater dibawah ini!)


Kemudian langkah kedua yaitu pembuatan graffiti dan text-nya. Pada awalnya sebagian siswa sepakat graffiti yang dibuat ada 2, yaitu GYFALS (diterapkan dibagian depan sweater) dan REGGE (artinya republik sembilan G dan diterapkan dibagian belakang sweater). Tetapi masih ada saja siswa yang tidak setuju dengan adanya graffiti REGGE dibagian belakang sweater, dan siswa tersebut menyarankan untuk "lebih baik TEXT/KATA-KATA saja-lah yang disimpan dibagian belakang sweater, karena lebih simpel". Dan pada akhirnya siswa sepakat bahwa dibagian belakang sweater bukan graffiti REGGE, melainkan sebuah kata-kata unik yang akan diterapkan.

Kemudian sekarang kata-kata apa yang akan diterapkan pada bagian belakang sweater? Dan tidak lama kemudian salah seorang siswa menyarankan gunakan kata-kata "Dibelakangku pecundang". Tetapi saya dan teman yang lainnya tidak sependapat karena dalam kata-kata itu ada unsur menghina orang lain. Dan tidak lama siswa tersebut berubah fikiran dan berganti mengusulkan kata-kata "Pantang pulang sebelum menang", em... ternyata sebagian siswa setuju dengan kata-kata yang dia buat. Tetapi untuk meng-unik-an kata-kata tersebut maka "Pantang pulang sebelum menang" di translate/diartikan kedalam bahasa inggris dan pada akhirnya semua siswa setuju dengan kata-kata "Abstinence home before winning" sebagai text/kata-kata yang akan diterapkan pada bagian belakang sweater. (Anda dapat lihat gambar text/kata-kata tersebut di bawah ini!).


Nah... sekarang baru-lah proses pembuatan graffiti GYFALS-nya. Pertama-tama saya ambil 1 kertas HVS dan sebuah pensil + penghapus untuk memulai proses membuat graffiti. Kemudian saya menggambar graffiti GYFALS hingga tuntas dengan hanya memakan waktu 45 menit saja. Setelah itu saya foto graffiti itu dan memasukannya kedalam komputer saya. Kemudian saya jiplak/edit graffiti itu melalui software/aplikasi ADOBE PHOTOSHOP CS6 EXTENDED. Langkah selanjutnya yaitu saya coba terapkan warna kombinasi hijau muda dan tua kedalam graffiti saya itu. Dan pada akhirnya jadilah graffiti GYFALS saya itu. (Anda dapat lihat proses pembuatan graffiti pada gambar dibawah ini!)



(Dan gambar dibawah ini adalah graffiti yang sudah di re-made/dibuat ulang, tetapi tidak diterapkan kedalam sweater)


Bagus bukan? :D Tetapi itu masih belum selesai, karena masih ada 1 langkah lagi yang belum saya lakukan, yaitu menerapkan graffiti & text kedalam sweater hitam yang sudah ditentukan sebelumnya.

Huh... capek juga mengetik nih... hahaha :D, tetapi terus lanjut ngetik-nya sampai artikel selesai. Pada langkah terakhir ini saya hanya tinggal memasukan graffiti dan text kedalam sweater hitam dengan memanfaatkan aplikasi/software Photoshop untuk mengeditnya. Dengan hanya membutuhkan waktu 15 menit akhirnya selesai juga proses editnya dan saya-pun sekarang sudah sangat legaaa... karena tugas saya sebagai desainer sudah selesai :D. (Anda dapat lihat gambar sweater hitam yang sudah diberi graffiti dan text-nya dibawah ini!)


Nah... ke-3 langkah tadi sudah selesai saya lakukan. Sekarang tinggal melihat hasil dari karya saya itu :D. Setelah kurang lebih 2 bulan berjalan proses membayar uang untuk sweater, akhirnya sebagian siswa sudah lunas dan bisa mengambil sweaternya. Dan pada akhirnya selesai-lah sweater perjuangan siswa kelas IXG ini. (Anda dapat lihat sweater hitam yang sudah jadi pada gambar dibawah ini!)


 (Dan apabila sweaternya sedang dipakai oleh seseorang maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini!)


Begitulah sedikit cerita tentang sweater asli kelas IXG ini. Dan salah satu kenangan dari sweater hitam itu adalah pada saat SMPN kami mengadakan study tour ke TRANS STUDIO BANDUNG, pada saat itu anak-anak IXG sebagian besar memakai sweater hitam asli IXG itu sebagai atribut asli dari IXG, Hehehe kompak bukan? IXG gitu... :D. Dan mungkin cukup sekian artikel tentang sweater asli IXG ini

Wassalamualaikum Wr.Wb.
This entry was posted in .
Next Prev

0 comments:

Post a Comment